Mata Kuliah Vertebrata Hama

Vertebrata Hama adalah hewan bertulang belakang yang menjadi hama bagi tanaman. Istilah tanaman berbeda dengan tumbuhan. Organisme yang dimaksud memang sama, namun yang membedakan adalah apakah sengaja ditanam atau tidak. Untuk yang sengaja ditanaman (dibudidayakan) disebut sebagai tanaman, sedangkan yang tidak sengaja ditanam (tumbuh liar) disebut sebagai tumbuhan.

Hama jelas merugikan bagi manusia. Hal ini disebabkan oleh aktivitasnya yang merusak pertanaman. Karena itulah hama perlu dikendalikan. Cakupan materi yang dipelajari dalam mata kuliah Vertebrata Hama yaitu morfologi tikus, kebiasaan sosial dan makan dari tikus, reproduksi, migrasi, dan lain-lain. Meskipun lebih banyak materi yang membahas tikus, kami tetap mempelajari vertebrata-vertebrata lain yang menjadi hama.

Perkuliahannya disertakan dengan praktikum untuk menambah pemahaman kami terhadap vertebrata hama. Salah satu praktikum yang sangat menarik dan tidak akan saya lupakan yaitu pembuatan koleksi tikus. Seperti inilah kegiatannya di dalam lab:

Metode pengendalian pun termasuk dalam materi perkuliahan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan, yaitu pengendalian secara kultur teknis, fisik-mekanik, sanitasi, biologois, dan kimiawi. Dalam suatu lahan pertanian, pemilihan metoda yang tepat dapat memberikan hasil panen yang maksimal.

Kira-kira seperti itulah gambaran dari mata kuliah Vertebrata Hama yang kami pelajari pada semester 4. Kesimpulannya, mata kuliah ini sangat menarik untuk dipelajari. So different and unforgettable.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s