KKP di Desa Cikalong

Kali ini saya ingin bercerita mengenai pengalaman saya selama KKP. Namun, sebelum itu saya akan sedikit menjelaskan tentang pengertian dari KKP. KKP merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Profesi. Artinya, KKP merupakan mata kuliah yang kegiatannya sengaja dirancang seperti sedang bekerja di lingkungan masyarakat (luar kampus). Tujuan dari KKP adalah memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi serta menangani berbagai permasalah yang sedang dihadapi. Sehingga, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar dan mengamalkan ilmu yang didapatkan di kampus pada kehidupan kompleks di masyarakat.

Program KKP pada tahun 2013 dilaksanakan selama dua bulan, yakni dari awal bulan Juli hingga akhir bulan Agustus. Para mahasiswa dari departemen/ jurusan yang berbeda-beda dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 5 hingga 6 mahasiswa. Kemudian, setiap kelompok disebar ke berbagai daerah dimana potensi daerah tersebut sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki oleh kelompok mahasiswa.

Kelompok saya terdiri dari 6 orang. Saya dari Departemen Proteksi Tanaman, satu teman saya dari Departemen Arsitektur Lanskap, dua teman saya dari Departemen Agronomi dan Hortikultura, dan dua teman saya yang lain dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan. Saya, bersama teman-teman kelompok saya ditempatkan di Desa Cikalong, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang. Selama dua bulan disana, kami menjalankan 4 program yang merupakan gabungan dari 4 disiplin ilmu yang berbeda. Program-program tersebut yaitu: Pengenalan Teknologi LRB (Lubang Resapan Biopori), Sosialisasi MOL (Mikroorganisme Lokal), PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria), dan Pestisida dalam Praktik, Pemanfaatan Pekarangan sebagai Lahan Budidaya dan Agro-edukasi untuk Anak, dan Pemetaan Lahan Sawah.

Diluar program-program tersebut, kami juga melakukan kegiatan-kegiatan sosial untuk membantu dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan di masyarakat seperti Pemberian Imunisasi untuk Balita dan Tarawih Keliling. Kegiatan-kegiatan kemasyarakatan ini sangat membantu kami dalam menjalankan program-program utama yang kami bawa dari kampus. Kami dapat menjadi lebih dekat dengan mereka, sehingga mereka mau untuk diajak melakukan pertemuan, mendengarkan penjelasan dari setiap program, dan menerapkannya.

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas suksesnya program-program kami. Mereka cukup antusias memperhatikan penjelasan setiap program dan bersemangat untuk menerapkannya. Saya dan teman-teman kelompok saya juga sangat senang dengan keramahan dan perhatian dari Kepala Desa Cikalong beserta perangkatnya, para Ketua Kelompok Tani, warga desa, dan juga siswa-siswi SDN Cikalong 1. Mereka semua sangat membantu dalam pelaksanaan program-program KKP kami. Kami berharap program-program  yang kami bawa tersebut dapat bermanfaat bagi perkembangan Desa Cikalong.

Leave a Reply

